ADA APA SEKOLAH PEMIMPIN…?

Membaca judul  di atas, pemikiran kita pasti tertuju pada masalah apa yg muncul di sekolah pemimpin. Namun sesungguhnya inti dari judul itu adalah membuat para pembaca sekalian mengetahui lebih dalam kehebatan dan keunggulan sekolah pemimpin yang baru berjalan kurang lebih 1 semester ini.

Banyak dari teman-teman yang aktif di dunia pendidikan yang bertanya kepada penulis, apa dan bagaimana sesungguhnya Sekolah Pemimpin itu..? Kurikulum apa yang digunakan? Apa yang melatarbelakangi sehingga Sekolah Pemimpin ini muncul? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang muncul dan untuk menulisnya semua di space ini, sangat tidak memungkinkan. Namun untuk sedikit mengurangi rasa penasaran dari para penanya, maka penulis arahkan saja ke web site sekolah pemimpin,  http://sekolahpemimpin.sch.id.

Kalaupun masih penasaran lagi, bisa mengunjungi  alamat pak Satria Dharma, salah seorang Konsultan Sekolah Pemimpin  http://satriadharma.com/index.php/tag/sekolah-pemimpin/.

Masih saja terus belum puas, maka insya Allah penulis akan memaparkan kronologis dari munculnya sekolah pemimpin Balikpapan yang membuat orang-orang terperangah. Kok bisa ada sekolah untuk melahirkan pemimpin, yang dikhususkan bagi siswa miskin dan Boarding lagi. Fasilitasnya saja bukan main-main, mirip-miriplah dengan fasilitas Boarding Schoolnya orang-orang kaya yang bayarnya jutaan itu.

Sesungguhnya, sekolah pemimpin muncul dari idealisme beberapa anak muda yang concern di bidang pendidikan. Tersebutlah seorang Mustaqim yang beberapa kali berdiskusi dengan penulis tentang bagaimana merubah paradigma bahwasanya Boarding School yang berkualitas seharusnya tidak hanya dinikmati oleh orang-orang kaya dan berduit saja tapi bagaimana bisa dinikmati oleh anak-anak miskin. Berkualitas maksudnya di sini adalah kurikulumnya unggul, Profil outputnya juga demikian, tenaga SDM-nya hebat-hebat, dan fasilitas penunjangnya juga tidak kalah bagusnya.

Dari pemikiran sederhana akhirnya kami (penulis beserta Pak Arif Sufia, pak Mustaqim dan Pak Hamka) mulai instens mengadakan meeting persiapan pendirian sekolah. Ada beberapa orang pemikir-pemikir muda dari Hidayatullah Gunung Tembak juga dilibatkan. Setiap pekan kita mengadakan pertemuan selama kurang lebih 5 bulan. Bencmarking juga sering juga kita lakukan dengan mengadakan studi banding ke sekolah-sekolah Boarding yang ada di Jawa, hingga konsep itu utuh maka barulah dilaksanakan.

Lalu apa yang melatarbelakangi sehingga sekolah ini didirikan…? Insya Allah, penulis akan melanjutkan artikel pada kesempatan berikutnya. Mohon doanya agar Allah Swt melimpahkan karunia-Nya kepada kita, amin ya Robbal ‘alamiin.

Wassalam,

Bachtiar Aras (Abu Muthiah)

Berau Kaltim

Tentang abumuthiah

I live in Balikpapan, Hidayatullah Education Center.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s